Sudah lama tak berkecimpung dalam dunia event organizer. Namun, karena permintaan khusus, saya turun gunung lagi untuk memanajemen dua buah event yang ada di lingkungan Pemerintah Kota Pontianak.
logo event hari lingkungan hidup |
Nah setelah merumuskan sasaran komunikasi, dan perubahan konsep event seperti biasa sayapun merancang brand untuk merepresentasikan gagasan terhadap pelaksanaan event tersebut. Brand? Iya brand! Lho brand itukan hanya diperlukan untuk memasarkan produk saja? Oh tidak juga. Brand ternyata juga diperlukan untuk memasarkan ide, gagasan atau konsep.
Sebenarnya pembuatan brand untuk mengkomunikasikan sebuah event sering dilakukan oleh lembaga-lembaga komersial maupun lembaga publik.
Di event musik kita dapat mengingat dengan baik brand java jazz yang mendunia. Diacara televisi ada brand indonesia idol, indonesia mencari bakat,dsb. Dalam kegiatan fashion ada brand Putri Indonesia, Miss Universe,dsb. Dan baru-baru ini Pemerintah RI gencar mempromosikan Sensus Ekonomi 2016 melalui logonya yang khas.
Pada bulan September, temen-temen di PMMAY memfasilitasi shalat istisqo karena Pontianak diserang kabut asap. Event ibadah tersebut juga memiliki brand khusus. Kebetulan brand tersebut saya yang merancang.
event brand shalat istisqo |
Jadi, brand sudah biasa digunakan untuk mengkomunikasi sebuah event. Lalu apa manfaatnya dan bagaimana tips merancang sebuah brand untuk mengkomunikasikan sebuah event?
Manfaat Event Brand
Sebuah event apakah yabg bersifat temporary mauoun yabg bersifat reguler memiliki tujuan untuk menyampaikan ide, gagasan, atau konsep. Sebuah pagelaran event olah raga seperti PON yang diselenggarakan di Palembang tahun...lalu, selain bertujuan untuk menggalang persatuan nasional lewat olah raga juga dalam rangka untuk mengkomunikasi lokasi dan waktu penyelenggaraan acara. Tak heran jika event brand yang dirancang sarat dengan nuansa keindonesiaan yang dikompromiskan dengan budaya Sumatera Selatan. Demikian pula brand olimpiade Beijing, atau brand Piala Dunia (sepak bola). Selain mengkomunikasikan pelaksaan event juga mengkomunikasikan lokasi penyelenggaraan event. Oleh karena itu rancangan brand biasanya selalu mengakomodir kekhasan lokasi pelaksanaan kegiatan. Apakah sekedar itu? Tentu saja tidak. Ada beberapa tips yang perlu dipertimbangkan dalam merancang event brand.
- Nama event. Biasanya nama event itu terlalu panjang sehingga menyulitkan publik untuk mengingat. Penggunaan singkatan sering digunakan untuk memudahkan proses komunikasi event. Event Pekan Olah Raga Nasional cukup disingkat PON saja. Musyabaqah Tilawatil Qur'an cukup disingkat MTQ saja.
- Gunakan bentuk yang khas. Bentuk ini bisa diambil dari kekhasan lokasi pelaksanaan acara.
- Gunakan font dan warna yang khas dan jelas. Font yang khas penting agar ketika dilepaskan dri logo, font tersebut dapat menghubungkam persepsi publik kepada event yang akan dilaksanakan. Demikian pula dengan warna. Warna yang sporty biasa digunakan untuk event olah raga, event-event outdoor biasanya menggunakam basis warna-warna alam.
- Perhatikan ukuran. Ukuran logo haruslah diperhatikan sungguh-sungguh. Cara menguji apakah logo memiliki ukuran yang layak adalah menempatkannya di media komunikasi terkecil, seperti name card, amplop, kop surat atau photo profile di media sosial.
- Fokus. Usahakan agar bramd event tetap fokus pada nama event. Beberapa brand event seringkaki terlihat terlalu mengakomodir simbol-simbol budaya. Terlalu banyak pernik akan membuat event brand kehilangan fokus.
Demikian artikel marketing praktisnya kali ini. Moga bermanfaat.
Bungben, pontianak.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Ada Komentar?