Kamis, 14 Januari 2016

Merancang Tagline Produk

Bagaimana merancang tagline produk?  Bagaimana pula meletakan tagline pada sebuah brand? Sebelum kita bahas, ada baiknya kita samakan persepsi kita tentang tagline.




 
tagline produk pada kemasan
Tagline adalah slogan yang berfungsi jntuk menjelaskan produk baik menjelaskan keunggulamnya atau menjelaskan perbedaannya dengan produk kompetitor. Tagline sebaiknya tak lebih dari empat kata. Makin sedikit makin bagus, makin unik paduan katanya makin bagus pula. Seorang designer yang baik harus memahami pula tata cara membuat slogan. Jika kita kesulitan dalam merumuskan slogan, tanyakan keunggulan produk tersebut kepada klien kita dan minta pula ia menjelaskan perbedaan produk yang ia produksi dibandingkan produk kompetitor. 

Nah dengan demikian kita bisa membuat tema sebagai batasan informasi. Misalnya kita akan merancang kemasan sebuah obat herbal dengan temanya obat herbal yang berkhasiat, tak mengandung bahan kimia, manjur dan ranoa efek samping. Tagline nya dapat saja seperti ini: pasti manjur, manjur jur. Andalan Keluarga, sehat berkhasiat, dsb.


Saat meletakan tagline jangan sampai tahline itu mengganggu tampakan brand. Brand produk harus tetap menonjol dan tagline tetap harus harus dapat dilihat setelah brand. Brand dan tagline adalah satu kesatuan. Perhatian penempatan brand dan tagline pada kemasan produk-produk  berikut ini: 

Coba bandingkan dengan tagline perusahaan (coorporate) sebagai berikut, lakukan analisis dan temukan kharakter tagline dan penempatannya:

tagline perusahaan

Nah tips desain grafis nya jika brand dan bidang telah dibuat, cobalah membuat dummies kemasannya. Lakukan pengamatan dan setelah itu ajukan pada klien anda, berikan penjelasan apa perbedaannya dengan produk kompetitor.

Uji coba juga menempatkan logo serta tagline pada media komunikasi terkecil. Jika tagline tak terbaca, minimal logo produk harus dapat dibaca dengan jelas.


Dalam mendesain brand produk dan kemasan, warna adalah salah satu unsur yang teramat penting. Sumber inspirasi pewarnaan bisa kita dapatkan dari beberapa hal seperti warna jenis makanan, sasaran pasar dari produk yang kita buat apakah hntuk anak-anak, remaja, dewasa atau paruh baya, untuk konsumen yang berjiwa sporty, profesional, petani atau nelayan. Sumber inspirasi pewarnaan dapat pula datang dari produk kompetitor atau produk produk sejenis yang ada diluar negeri
(bungben)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ada Komentar?

ORANG JAWA LEBIH JAGO BERPOLITIK

Iseng-iseng otak-atik angka durasi umur negeri-negeri di Pulau Jawa. Kesimpulannya orang Jawa itu lebih jago berpolitik daripada orang ...