Bagaimana merancang tagline produk? Bagaimana pula meletakan tagline pada sebuah brand? Sebelum kita bahas, ada baiknya kita samakan persepsi kita tentang tagline.
Tagline adalah slogan yang berfungsi jntuk menjelaskan produk baik menjelaskan keunggulamnya atau menjelaskan perbedaannya dengan produk kompetitor. Tagline sebaiknya tak lebih dari empat kata. Makin sedikit makin bagus, makin unik paduan katanya makin bagus pula. Seorang designer yang baik harus memahami pula tata cara membuat slogan. Jika kita kesulitan dalam merumuskan slogan, tanyakan keunggulan produk tersebut kepada klien kita dan minta pula ia menjelaskan perbedaan produk yang ia produksi dibandingkan produk kompetitor.
Nah dengan demikian kita bisa membuat tema sebagai batasan informasi. Misalnya kita akan merancang kemasan sebuah obat herbal dengan temanya obat herbal yang berkhasiat, tak mengandung bahan kimia, manjur dan ranoa efek samping. Tagline nya dapat saja seperti ini: pasti manjur, manjur jur. Andalan Keluarga, sehat berkhasiat, dsb.
Saat meletakan tagline jangan sampai tahline itu mengganggu tampakan brand. Brand produk harus tetap menonjol dan tagline tetap harus harus dapat dilihat setelah brand. Brand dan tagline adalah satu kesatuan. Perhatian penempatan brand dan tagline pada kemasan produk-produk berikut ini:
Nah dengan demikian kita bisa membuat tema sebagai batasan informasi. Misalnya kita akan merancang kemasan sebuah obat herbal dengan temanya obat herbal yang berkhasiat, tak mengandung bahan kimia, manjur dan ranoa efek samping. Tagline nya dapat saja seperti ini: pasti manjur, manjur jur. Andalan Keluarga, sehat berkhasiat, dsb.
Saat meletakan tagline jangan sampai tahline itu mengganggu tampakan brand. Brand produk harus tetap menonjol dan tagline tetap harus harus dapat dilihat setelah brand. Brand dan tagline adalah satu kesatuan. Perhatian penempatan brand dan tagline pada kemasan produk-produk berikut ini:
Coba bandingkan dengan tagline perusahaan (coorporate) sebagai berikut, lakukan analisis dan temukan kharakter tagline dan penempatannya:
(bungben)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Ada Komentar?