Sabtu, 05 Agustus 2017

ORANG JAWA LEBIH JAGO BERPOLITIK

Iseng-iseng otak-atik angka durasi umur negeri-negeri di Pulau Jawa. Kesimpulannya orang Jawa itu lebih jago berpolitik daripada orang Sunda.
Hehee. Yang orang Sunda jangan tersinggung ya.
Walaupun sama-sama mendiami pulau Jawa, tapi sebenarnya ada dua komunitas budaya besar di sana. Yaitu Masyarakat Sunda dan Masyarakat Jawa.
Masyarakat Sunda sudah memulai membentuk negara sejak tahun 150 masehi hingga runtuhnya Kerajaan Banten pada tahun 1813 masehi. Masyarakat Sunda mendiami Pulau Jawa bagian Barat. Sekarang masuk wilayah provinsi DKI, Jawa Barat dan Banten.
Sedangkan masyarakat Jawa tinggal di bagian tengah dan Timur pulau Jawa. Komunitas ini memulai bernegera sejak tahun 648 masehi lewat negeri yang bernama Kalingga hingga runtuhnya penerus negeri Mataram Islam, Kesultanan Ngayogyokarto Hadiningrat seiring dengan berdirinya Republik Indonesia tahun 1945.

Lalu mengapa orang Jawa lebhi handal dalam berpolitik? Penjelasannnya begini:
1. Orang Sunda itu sudah mengenal politik selama 1663 tahun. Mulai dari berdirinya kerajaan Salakanegara tahun 150 hingga runtuhnya Bantern tahun 1813. Selama rentang waktu itu hanya berdiri 7 negeri berbentuk monarki. Bandingkan dengan orang Jawa yang baru mengenal politik selama 1297 tahun, lebih pendek dibandingkan Sunda, tapi selama 1297 tahun itu telah berdiri 14 negara, dua kali lebih banyak dibandingkan dengan orang Sunda. Kalau di rata-rata selama 1663 tahun itu orang Sunda mengalami perpindahan politik setiap 237 tahun sekali, sedangkan orang jawa setiap 92 tahun tahun sekali. Kesimpulannya orang jawa lebih banyak pengalaman berpolitiknya dibandingkan dengan orang Sunda. Jawa lebih Jago!
2. Namun demikian, orang Sunda lebih mampu menjaga stabilitas politik ketimbang orang Jawa. Karena mereka mampu mempertahankan negara jauh lebih lama dibandingkan orang Jawa. Sedangkan karakter orang Jawa senangnya konflik. Buktinya berdiri banyak negeri di sana, hahaa.
Trus bagaimana dengan politik di era modern? Lihat saja siapa presidennya dan dari mana asalnya. Soekarno, Soeharto, Habibie, Abdurrahman Wahid, Megawati, SBY, Jokowi…
Tak ada satupun orang Sunda. Hanya satu orang non Jawa, yaitu Habibie. Beliau orang Sulawesi. itupun tak lama.
Tapi kalau nanti Republik Indonesia dipimpin oleh orang Sunda, mungkin situasi politik Indonesia akan lebih stabil ya?
Ga tau juga! Hihiii.
----***----
BS, 6 Agustus 2017

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ada Komentar?

ORANG JAWA LEBIH JAGO BERPOLITIK

Iseng-iseng otak-atik angka durasi umur negeri-negeri di Pulau Jawa. Kesimpulannya orang Jawa itu lebih jago berpolitik daripada orang ...